Home » » Turunkan Harga Tiket Konser Muse!

Turunkan Harga Tiket Konser Muse!

Written By Cho on Monday, April 4, 2011 | 6:34 AM

Meskipun MUSE akan menggelar konser di Ukraina tanggal 24 Mei 2011 nanti, musers Ukraina tengah berduka. Pasalnya, harga tiket yang dipatok oleh event organizer Melnitsa International, dianggap terlalu mahal, gak terjangkau oleh musers kebanyakan, apalagi saat ini kondisi perekonomian Ukraina sedang terpuruk. 

Sebagai perbandingan, saat MUSE berkunjung ke Ukraina tahun 2007 lalu, harga tiket rata-rata adalah sebesar $66 dengan pendapatan per kapita sekitar $260 per bulan. Sekarang di tahun 2011 ini, saat pendapatan per kapita masyarakat Ukraina adalah sebesar $275 per bulan, harga tiket rata-rata MUSE malah melambung menjadi $140 alias setengah bulan gaji. Pelajar dan mahasiswa tentu saja takkan mampu membeli tiket tersebut.
Saat beramai-ramai protes pada event organizer, mereka malah mendapatkan jawaban yang tak menyenangkan. Berikut terjemahan kasar wawancara dengan Nikolai Sydorov, perwakilan dari pihak Melnitsa International yang gue ambil dari MUSE:
----------------------------------------------------------------------------------
Banyak penggemar mengeluhkan harga tiket yang mahal... 
Jawab: Harga yag dipatok sudah sangat pantas bagi band sekelas Muse. Muse adalah salah satu band paling mahal di dunia saat ini. Mereka bahkan lebih mahal dibandingkan band-band lain yang pernah main di sini sebelumnya seperti 30 Second to Mars dan Placebo. MUSE bahkan lebih mahal dari Depeche Mode.

Banyak musers bersatu dalam situs jejaring sosial untuk memboikot acara ini. Apakah ini mempengaruhi jumlah pemesanan tiket?
Jawab: Ya. Kami bahkan terpaksa harus menunda penjualan.

Apakah ada musers mancanegara yang tertarik membeli tiket Ukraina?
Jawab: Ya, sekitar 3.000 fans dari luar negeri ingin membeli tiket kami. Kebanyakan adalah musers Rusia yang ingin menonton di Ukraina karena mereka pikir harga tiketnya lebih murah daripada harga tiket di Moskow, padahal tidak.

Anda menyebutkan Moscow. Mengapa harga tiket MUSE lebih murah di Rusia daripada di Ukraina?
Jawab: Ini karena tallage (mungkin maksudnya pajak). Kami menyelenggarakan konser tidak hanya di Ukraina, tapi juga di St. Petersburg dan Moskow sehingga kami tahu persis apa yang kami bicarakan.

Alasan kenapa harga tiket di Ukraina mahal?
Jawab: Alasan utamanya adalah karena Ukraina merupakan salah satu negara dengan tingkat pembajakan tertinggi di dunia. Saat MUSE menggelar konser di Wembley London, mereka tahu bahwa harga tiket bukanlah satu-satunya sumber keuntungan mereka, tapi juga dari penjualan album dan peningkatan penjualan pasca konser. Sementara di Ukraina, siapapun bisa men-download album apapun secara gratis dari Torrents atau situs lain. Apakah Anda pikir Ukraina akan diperlakukan sebagai bagian dari Eropa jika melakukan pembajakan seperti itu? Orang Eropa bersedia membayar jutaan Euro untuk membeli CD-DVD atau membayar iTunes. Jadi mari kita jujur dan bersikap adil. Fans yang baik adalah mereka yang bersedia membayar karya band kesayangannya.

Apakah kurangnya tempat pertujukan yang layak juga mempengaruhi harga? 
Jawab: Tidak ada tempat pertunjukan indoor yang cukup layak menurut ukuran Kiev. Dan Palats Sportu tidak memungkinkan kami menurunkan harga.

Bagaimana dengan IEC (tempat dimana Placebo dan 30 Second To Mars pernah bermain)
Jawab: Sistem akustik di IEC sangat buruk. Kami menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki akustik gedung dalam pertujukan (Placebo dan 30 STM) sebelumnya. Palats Sportu jauh lebih baik dibanding IEC.

Sudahkah Anda mempertimbangkan tempat yang lebih besar di ruangan terbuka seperti stadion, misalnya?
Jawab: Ya, kami telah mempertimbangkan pilihan tersebut, tapi MUSE menolak. Mei nanti kemungkinan hujan dan resikonya lebih besar.

Apakah surat protes penggemar untuk manajemen berpengaruh? 
Jawab: Surat dan postingan protes yang masuk ke messageboard kami ditulis dalam bahasa Inggris yang buruk dan hanya akan membuat bangsa Eropa lain menganggap Ukraina sebagai negara ketiga (yang miskin dan bodoh). Kalau itu tujuan musers yang protes, silakan lanjutkan.

Dan pertanyaan utamanya: akankah Anda menurunkan harga?
Jawab: Bahkan jika kami hanya menurunkan harga sedikit saja dan semua tiket habis terjual, kami takkan mendapatkan untung. Muse adalah live band terbesar di dunia dan konser mereka akan menjadi konser terbesar di Ukraina di sepanjang tahun 2011. Kami mengundang semua penggemar musik untuk datang ke pertunjukan yag pasti takkan terlupakan ini. Sampai jumpa di sana!
----------------------------------------------------

Kesal dan sakit hati dengan jawaban organizer, musers Ukraina lalu membuat gerakan Ukrainian MUSE Fans Against Inflated Prices For The Concert! yang tujuan utamanya adalah mendesak pihak organizer untuk menurunkan harga tiket konser MUSE. Mereka juga membuat website dan akun di Facebook serta Twitter untuk mengumpulkan dukungan dari musers seluruh dunia. Tak hanya itu saja, mereka juga membuat video yang ditujukan pada MUSE untuk menyatakan kecintaan mereka pada MUSE, keinginan menonton konser serta  meminta dukungan moril MUSE atas gerakan ini.

Barusan gue cek, tiket Ukraina belum sold out. Jadi kayaknya masih ada kesempatan harga tiket diturunkan. Setidaknya gue harap begitu. Di bawah ini sebuah video dari musers Ukraina yang perasaannya pasti tengah campur aduk antara senang MUSE mau datang ke sana tapi juga sekaligus marah, kecewa, dan nelangsa...


Selamat berjuang musers Ukraina!
    

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. I TRIED TO GIVE YOU UP... BUT I'M ADDICTED - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger