Home » » Dewi-dewi Musae/Muse

Dewi-dewi Musae/Muse

Written By Cho on Friday, May 20, 2011 | 1:55 AM

Dalam mitos Yunani-Romawi, para dewi-dewi Musae/Muse (dewi-dewi ilham) adalah putri-putri Zeus (penguasa Olympus) dan Mnemosyne (Dewi Memori). Mereka semua dilahirkan di Pieria di kaki Gunung Olympus dan dianggap sebagai peri sungai.

9 dewi Muse sedang berpesta*
Dalam mitos-mitos awal, hanya ada 3 dewi Musae yaitu Melete (dewi meditation), Mneme (dewi memori), dan Aoede (dewi lagu) dan dianggap sebagai dewi-dewi pelindung para penyair. Lama-kelamaan, jumlah dewi-dewi itu bertambah menjadi 9 orang dan jangkauan tugas mereka kemudian diperluas mencakup semua bidang seni dan ilmu pengetahuan. Nama sembilan dewi-dewi Musae ini adalah: Calliope (dewi puisi heroik atau epik), Clio (dewi sejarah), Erato (dewi lirik atau puisi cinta), Euterpe (dewi musik atau seruling), Melpomene (dewi tragedi), Polyhymnia (dewi puisi suci atau mime), Terpsichore (dewi paduan suara dan tari), Thalia (dewi komedi) dan Urania (dewi astronomi).

Setiap dewi-dewi Musae digambarkan berbeda-beda sesuai dengan tugas mereka. Calliope digambarkan membawa kertas dan alat tulis, Clio membawa gulungan kertas atau buku yang terbuka, Euterpe membawa flute atau aulos (alat musik tradisional Yunani), Melpomene membawa topeng tragis atau perisai/pedang Hercules,  Terpsichore membawa lyra (alat musik tradisional Yunani), Erato membawa lyra atau cythara (alat musik tradisional Yunani),  Polyhymnia memakai/membawa selendang  dan sikapnya selalu nampak merenung, Urania membawa kompas/bola dunia, dan Thalia membawa topeng riang, tongkat gembala atau bermahkota rangkaian bunga ivy.

Melpomene dan Polyhymnia**
Keberadaan dewi-dewi Muse banyak disebut dalam karya-karya pujangga besar seperti Homer, Hesiod, Aristotle, Plato, Cicero, dlsb. Hingga kini, sebuah festival diselenggarakan untuk menghormati para dewi Musae ini setiap empat tahun sekali di dekat Gunung Helicon, Yunani.

Mitos dewi-dewi seni ini menyebar di seluruh Eropa. Dalam bahasa Inggris, muse berasal dari kata musae yang berarti ilham, ide atau gagasan. Mungkin dari sini juga Matt Belamy memilih MUSE sebagai nama band mereka selain karena nama ini pendek hingga terlihat besar jika ditulis dalam poster.


*) PARNASSUS (APOLLO, VENUS, MERCURY AND THE MUSES), lukisan karya Andrea Mantegna (1431-1506), pelukis Renaissance Italia  
**) MELPOMENE AND POLYHYMNIA, patung di Palace of the Fine Arts, Meksiko
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. I TRIED TO GIVE YOU UP... BUT I'M ADDICTED - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger